top of page

KEUTAMAAN IBADAH UMROH

Ibadah Umroh merupakan salah satu ibadah yang special dalam agama Islam, dan siapa yang mengerjakan ibadah Umroh dengan baik dan benar Insya Allah akan memberikan perubahan pribadi ke arah lebih baik daripada sebelumnya.Diantaranya adalah hidup akan terasa lebih religius, lebih peka dan peduli kepada sesama dan lebih dermawan. Rejeki yang diberikan Allah Swt padanya akan dimanfaatkan dengan baik dan digunakan untuk kepentingan sosial yang terarah dengan baik dan benar. Insya Allah di akhirat, dia akan mendapat ganjaran surga dari Allah SWT.

Berikut keutamaan yang kita terima dalam menjalankan ibadah Umroh.

  1. Merupakan Perjalanan Suci sehingga seluruh kegiatan yang dilaksanakan dalam Umroh merupakan ibadah yang akan mendapat pahala dan ridho Allah SWT.

  2. Sebagai syi'ar untuk mensucikan dan membesarkan nama Allah seperti yang tercantum dalam kalimat talbiyyah.

  3. Sebagai sarana agar manusia lebih mengintrospeksi dirinya sendiri.

  4. Mencitrakan diri sebagai hamba Allah SWT yang patuh dan taat pada segala perintah-Nya dan menjauhi segala yang dilarang-Nya.

  5. Umroh pahalanya sama dengan berperang di jalan ALLAH untuk wanita

  6. Umroh juga menghapus dosa-dosa kita

  7. Setiap yang beribadah Umroh biayanya akan di ganti oleh ALLAH SWT

Itu merupakan beberapa keutamaan ibadah Umroh, dalam hati setiap Muslim yang taat sudah dapat di pastikan merindukan Masjidil Haram. Baik Makkah maupun Madinah, kerinduan ini muncul dari ruhiyah atau hubungan yang kuat antara pribadi seorang muslim dengan Allah SWT. Hubungan tanpa adanya pembatas ini merupakan sebuah proses yang dilakukan secara berkala dan istiqomah.


Aktifitas untuk menjaga intensitas hubungan antara manusia dan Allah SWT saat di Tanah Haram sendiri, adalah aktifitas Haji dan Umrah. Haji dan umrah biasa dilakukan umat Muslim seluruh dunia. Berbeda dengan ibadah Haji yang dilakukan selama 1 tahun sekali pada bulan dzulhijah, Ibadah Umrah dapat dilaksanakan setiap saat, semoga kita bias pergi ke tanah suci bertemu dengan ALLAH SWTdalam Ibadah Umroh yang baik dan benar. Amin



bottom of page